Penyebab dan Cara Mengobati Penebalan Dinding Rahim

0

Penebalan dindin rahim atau hiperplasia endometrium merupakan sebuah penyakit yang bisa timbul pada wanita yang sering mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur atau mereka yang siklus menstruasinya terhenti dalam jangka waktu yang lama. Penyakit ini dapat menimbulkan berbagai keluhan seperti sakit kepala, cepat lelah, dan yang paling parah dan mengakibatkan kemandulan. Tidak hanya itu, penderita penebalan dinding rahim juga terancam bisa mengalami kanker rahim.

Penebalan dinding rahim memang bukanlah sebuah kanker dan bisa kembali menjadi normal. Namun, kondisi ini terkadang menjadi pemicu kanker di kemudian hari, terlebih lagi ketika tidak ada penanganan yang memadai.

Penyebab Penebalan Dinding Rahim yang Perlu Diwaspadai

umumnya penebalan dinding rahim disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon estrogen yang tidak diimbangi dengan produksi progesteron yang seimbang. Kondisi ini dapat dipicu oleh adanya pertumbuhan kista di dindingrahim. Wanita yang memiliki masalah berat badan berlebih atau obsitas biasanya lebih berpotensi mengalami masalah ini.

untuk mengetahui apakah seorang wanita mengalami penebalan dinding rahim atau tidak, makad iperlukan pemeriksaan USG. Namun, untuk lebih memastikannya, pemeriksaan perlu dilanjutkan dengan kuretese dan hasil kuretannya dikirim ke patologi anatomi untuk didiagnosa secara lebih mendalam.

Cara Mengobati Penebalan Dinding Rahim

Dalam banyak kasus, pengobatan penebalan dinding rahim dapat dilakukan dengan pemberian progestin, baik secara oral (diminum) atau injeksi, dalam alat kontrasepsi, atau sebagai krim vagina. Berapa dosis dan waktu terapi ini digunakan tergantung pada usia dan jenis hiperplasia. Perlu diperhatikan bahwa pengobatan dengan progestin dapat menyebabakn perdarahan vagina seperti periode menstruasi.

Selain itu, pengobatan prnebalan dinding rahim juga bisa dilkaukan dengan beberapa tindakan, seperti diantaranya :

  • Kuretase

Selain sebagai salah satu metode untuk mendiagnosis masalah penebalan dinding rahim, kuretase juga bisa menjadi terapi dlam menghentikan pendarahan yang sering terjadi pada penderita. Namun, tikdakan ini cukup berisko menyebabkan seseorang yang melakukannya menjadi lebih sulit untuk mendapatkan kehamilan.

  • Pengobatan Hormonal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, masalah penebalan dinding rahim dapat terjadi akibat ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan progesteron. Maka dari itu, tindakan pengobatan juga sebaiknya dilakukan dengan pengobatan hormonal. Pengobatan hormonal biasanya dilakukan dengan mengonsumsi obat endometril. Dokter akan memberikan dosis sesuai dengan proporsi tubuh dan jika Anda mengonsumsinya secara rutin, maka Anda akan berhenti menstruasi selama 3-4 bulan setelahnya. Dampak dari konsumsi obat endometril ini, umumnya wanita yang bersangkutan akan mengalami peningkatan nafsu makan sehingga berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan.

Incoming search terms:

  • penyebab penebalan dinding rahim

Leave a Reply

© 2017 Richie Good Times. All rights reserved.