Manfaat Teh Pahit untuk Melawan Kolesterol Jahat

0

Saat ini kolesterol tinggi sudah menjadi momok yang ditakuti oleh masyarakat. Bagaimana tidak, tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang cenderung mengaplikasikan gaya hidup tidak sehat, khususnya dalam menerapkan pola makan yang kurang bergizi seimbang, sehingga akibatnya bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebagai contoh, kita lebih suka mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, seperti udang atau bahka kepiting yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dengan cepat. Padahal, jika kandungan kolesterol dalam tubuh sangat tinggi, kita bisa memiliki risiko terkena penyakit jantung atau stroke.

Namun, tahukah Anda jika ada cara mudah untuk mengatasi kolesterol jahat ? yaitu dengan mengonsumsi teh pahit. Minum teh memang sudah menjadi tradisi dari banyak orang, termasuk di Indonesia, baik itu pada pagi ataupun di sore hari. Umumnya, banyak orang yang sedang menambahkan campuran ke dalam teh, seperti gula, madu, atau yang lainnya. Namun, bagi Anda penderita kolesterol, teh yang baik untuk membantu menurunkan kolesterol jahat yaitu teh pahit.

Manfaat Teh Pahit untuk untuk Melawan Kolesterol Jahat Secara Alami

Manfaat Teh Pahit untuk Melawan Kolesterol Jahat

Menurut Dr. Saptawati Bardosono, Pakar Kesehatan dari Universitas Indonesia, menyebutkan jika untuk mengatasi naiknya kadar kolesterol jahat kita bisa mengonsumsi teh pahit setelah mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi. Dengan mengonsumsi teh pahit hangat kita bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dengan cepat tanpa harus melakukan aktivitas fisik apapun.

Selain itu, olahraga juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk membersihkan kolesterol jahat dari sirkulasi yang ada pada pembuluh darah dan semakin meningkatkan kadar kolesterol baik. Namun, sayangnya banyak dari kita yang cenderung malas atau memang tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga.

Selain mengonsumsi teh pahit, dr Saptawati juga menyarankan agar kita, khususnya yang berusia 25 tahun untuk semakin bijak dalam mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi. Jika kita terlalu sering mengonsumsi makanan dengan kolesterol tinggi, maka tanpa sadar kita telah meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dengan cepat tanpa menimbulkan gejala apapun.

Untuk mengimbanginya, konsumsilah sayur danbuah-buahan setiap harinya, menginga bahan makanan sehat ini kaya akan serat dan fitosterol yang mampu menghambat penyerapan lemak dan kolesterol jahat di usus selama proses pencernaan.

Bagi anda yang mempunyai kolesterol tinggi tak disarankan konsumsi teh dulu lantaran resiko penurunannya kecil. Pakailah obat kolesterol yg benar-benar terbukti dapat menurunkan kolesterol tinggi mu dengan cara signifikan. Mengonsumsi teh secara berlebihan malah dapat menyebabkan efek samping lain seperti kerusakan hati. Minumlah dalam kadar yang wajar.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari teh secara maksimal, maka sebaiknya teh tidak dicampur dengan pelengkap lainnya seperti gula ataupun susu. Karena teh yang dicampur dengan gula manis khasiat dari zat-zat yang terkandung didalamnya akan berkurang.

Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Leave a Reply

© 2016 Richie Good Times. All rights reserved.