Khasiat Tersembunyi Dibalik Tanaman Akar Wangi

0

Tanaman yang tumbuh di Negeri kita ini ternyata sangat banyak manfaat dan khasiat yang diberikan. Nenek moyang dulu sudah banyak membuktikan dengan menggunakan tanaman-tanaman sebagai obat untuk berbagai penyakit. Pada zaman dulu belum ada dokter, yang ada hanya tabib, tabib juga biasanya menggunakan bahan tanaman yang diramu dan kemudian menjadi obat. Menurut penelitian ternyata jamu atau obat yang berasal dari tanaman nyaris tidak memiliki efek samping yang ditimbulkan jika dalam penggunaan nya benar. Berbeda dengan obat kimia yang selalu memiliki efek samping salam setiap penggunaannya.

AKAR WANGI

Anda mengenal tanaman akar wangi? Menurut penelitian BBPT, ternyata tanaman akar wangi bisa digunakan untuk mengobati penyakit Rematik.

Ciri-ciri tanaman akar wangi

  • Rumput menahun, tinggi bisa mencapai 1 meter.
  • Batang lunak, beruas-ruas, dan berwarna putih.
  • Daun tunggal, bentuk pita dengan ujung runcing.
  • Pelepah memeluk batang, warna hijau keputih-putihan.
  • Bunga berbentuk bulir diujung batang.
  • Buah padi, berduri, dengan warna putih kotor.
  • Akarnya akar serabut berwarna kuning.
  • Dan yang digunakan adalah akar yang sebagai minyak astiri.

Nama-nama Lokal Dari Akar Wangi

Useur (Gayo), Hapias, usar (Batak), Akar babau (Minangkabau), Akar banda (Timor), Iser, Morwastu (Sumatera Utara), Usa, Urek usa (Makasar), Janur, Narawastu, Usar (Sunda), Larasetu, Larawastu, Rarawestu (Jawa).

Penyakit yang bisa diobati dengan tanaman ini diantaranya Bau Mulut (Obat kumur) dan Rematik (Obat Luar)

Akar wangi untuk Mengatasi Penyakit Rematik
Rematik itu merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak mengancam seseorang yang berusia dewasa. Penyakit ini juga bisa mengakibatkan timbulnya rasa nyeri yang berlebihan pada bagian sendi. Salah satu jenis Obat Rematik dari bahan alami yang efektif digunakan untuk mengatasi penyakit rematik ialah akar wangi. Caranya mudah hanya dengan menggosok-gosokkan akar wangi ke bagian tubuh yang terasa nyeri karena Rematik.

Ramuan dan Takaran untuk bau mulut
-, Akar wangi beberapa potong
-, Daun sirih segar 2 lembar
-, Herba pegagan segar 1 genggam
-, Buah kelapa 6 butir
-, Air 110ml.
Caranya, dibuat sebagai obat kumur, berkumur 2x sehari. Sebagian bisa ditelan karena tidak berbahaya.

Selain Untuk Rematik dan Bau mulut, akar wangi juga bisa digunakan sebagai Obat untuk atasi encok dan pegal linu, Mengobati bengkak, Mencegah dan mengobati batu ginjal, Menurunkan panas demam, dan juga Menghilangkan ketombe dan kutu dan masih banyak lagi manfaat yang bisa ditemukan pada tanaman akar wangi ini. Semoga informasi tentang manfaat akar wangi bisa bermanfaat untuk kita semua :))

Leave a Reply

© 2016 Richie Good Times. All rights reserved.