Gejala Penyebab Mata Kering Dan Pengobatan

0

Gejala Penyebab Mata Kering Dan Pengobatan – Mata kering mungkin terdengar seperti sebuah masalah kecil tapi untuk beberapa hal itu dapat menyiksa dan terus-menerus, dengan dampak yang signifikan pada kualitas hidup.

Kondisi ini diperkirakan mempengaruhi sekitar 7,4% dari Australia. Orang tua, wanita, pekerja kantor dan pemakai lensa kontak lebih mungkin untuk melaporkan mengalami mata kering. Sementara sindrom mata kering adalah umum presentasi di apotek, hal ini dapat keliru untuk berbagai kondisi mata lainnya. Baca juga Obat Mata Minus

Gejala Penyebab Mata Kering Dan Pengobatan

Kita lihatlah bagaimana untuk membedakan mata kering dari kondisi lain, pilihan pengobatan, dan banyak lagi.
Apa itu?
mata-kering
Sindrom mata kering (keratokonjungtivitis sicca) adalah kondisi multifaktorial, menjelaskan Lukas Arundel, Optometri Australia senior resident dokter mata.

“Ada dua jenis utama dari mata kering – berair kekurangan mata kering yang disebabkan oleh berkurangnya air mata output karena disfungsi dari kelenjar lakrimal, dan menguapkan mata kering yang disebabkan oleh peningkatan penguapan air dari film air mata,” kata Arundel.

Gejala dari sindrom mata kering meliputi:

  • Iritasi
  • Grittiness
  • Pembakaran
  • Nyeri
  • Mata berair
  • Refleks robek
  • Gangguan Visual termasuk berfluktuasi penglihatan kabur

Apoteker juga dapat melihat keluar untuk bulbar konjungtiva hyperaemia, kata Arundel.

eyecare-risiko-factorsA berbagai alasan dan faktor-faktor risiko yang dapat menyebabkan presentasi mata kering (lihat box: faktor Risiko mata kering).

Misalnya, berair kekurangan mata kering karena disfungsi dari kelenjar lakrimal dapat menjadi hasil dari penyumbatan atau infeksi bakteri.

Sementara itu, kekurangan Vitamin A dan bahan-bahan kimia luka bakar dapat berkontribusi untuk menguapkan kerugian dari film air mata, menyebabkan mata kering karena penguapan.

Mata kering juga dapat disebabkan oleh lingkungan yang kering atau terlalu lama terkena monitor komputer atau layar televisi, yang mengarah ke penurunan tingkat berkedip.

Diagnosis
Apoteker dapat membantu pasien mengidentifikasi apa yang mungkin menyebabkan gejala-gejala mata kering, kemudian mengelola, merawat dan/atau merujuk sesuai, kata Dr Esther Lau, seorang apoteker dari Fakultas Kesehatan di Universitas Teknologi Queensland.

“Ini juga akan berguna bagi apoteker untuk menindaklanjuti dengan pasien untuk melihat apakah pengobatan bekerja,” dia memberitahu AJP.

Namun mendiagnosis sindrom mata kering mungkin tidak akan semudah tampaknya.

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh The Pharmaceutical Journal, 81% masyarakat apoteker melaporkan bahwa mereka merasa agak atau sangat percaya diri dalam mendiagnosis kering kondisi mata, tapi mystery shopper studi yang diadakan di INGGRIS mengungkapkan hanya 42% dari staf farmasi benar-benar memberikan diagnosis yang benar dari mata kering.

Diagnosa yang diberikan oleh staf farmasi bukan mata kering dalam studi termasuk sakit mata, mata lelah, demam, iritasi, benda asing dan infeksi – beberapa di antaranya benar-benar gejala mata kering.

Studi-studi menemukan apoteker yang didiagnosis mata kering dengan benar lebih mungkin untuk memiliki ditanya ‘benar’ pertanyaan, meliputi durasi atau gejala, tingkat keparahan, lateralitas (salah satu atau kedua mata yang terkena) dan apakah atau tidak ada “kekeringan”.

Pertanyaan untuk bertanya:

Apa gejala yang anda alami? Rasa gatal yang menunjukkan penyakit alergi, sementara rasa sakit atau sensasi benda asing bisa menunjukkan penyebab lain.

Apa visi anda suka? Apakah hal itu berubah ketika anda berkedip? Sejak film air mata yang terkena, variabilitas dalam visi antara berkedip menunjukkan sindrom mata kering.

Berapa lama anda telah mengalami gejala? Sindrom mata kering adalah suatu kondisi kronis yang mungkin memiliki onset mendadak.

Apakah mata anda punya lengket, pengerasan kulit atau debit? Ini adalah indikasi dari infeksi penyebab.

Apakah anda punya mata-terkait insiden sebelum timbulnya gejala? Operasi mata, mulai memakai lensa kontak atau memulai obat baru yang dapat menjadi sumber dari gejala mata kering.

Apakah anda memiliki alergi atau gangguan jaringan? Kondisi ini dapat menyebabkan mata kering, dan mengobati penyebab asli dapat meringankan mata kering.

Ini adalah kedua mata terkena atau hanya satu? Mata kering biasanya mempengaruhi kedua mata.

Diagnosis diferensial meliputi:

  1. Konjungtivitis
  2. Sindrom Sjögren
  3. Filamen keratitis
  4. Penyakit menular seperti klamidia, herpes simplex dan herpes zoster
  5. Kornea abrasi, erosi, benda asing atau lendir plak

Pengobatan

Arundel kata andalan pengobatan sindrom mata kering adalah penggantian air mata dengan air mata buatan.

Orang-orang dengan mata kering ringan harus dimulai pada kurang kental produk dan bekerja sampai gel dan salep untuk mata kering yang parah.

“Dalam banyak kasus tetes mata dan dasar saran umum adalah semua yang diperlukan. Beberapa tetes memiliki bahan-bahan yang lebih cocok untuk larutan yang kekurangan mata kering sementara yang lain lebih ekor untuk menguapkan mata kering.

“Memahami sifat-sifat senyawa yang berbeda dari air mata buatan adalah penting untuk membantu pasien untuk memilih produk yang optimal untuk kebutuhan mereka dan untuk mendapatkan yang paling manfaat dari pengobatan mereka,” katanya.

Beberapa dokter mata dan apoteker percaya pengawet dalam obat tetes mata harus dihindari.

“Yang paling penting terlebih dahulu dalam pengobatan mata kering adalah penghapusan bahan pengawet,” berpendapat Elaine Mann, yang merupakan mata, THT, dokter gigi dan apoteker yang berbasis di INGGRIS.

“Benzalkonium klorida (BAK), yang paling umum pengawet yang digunakan dalam obat tetes mata, dapat merusak permukaan okular mata memproduksi peradangan konjungtiva, ketidakstabilan film air mata, kornea sitotoksisitas dan penurunan kepadatan sel goblet dan produksi lendir,” dia menulis dalam Jurnal Farmasi.

Arundel setuju bahwa orang-orang yang menemukan mereka dengan dosis beberapa obat tetes mata hari harus mengubah ke satuan dosis tetes untuk menghindari masalah dengan pengawet.

Profesor Louis Roller, dari Fakultas Farmasi dan Farmasi Ilmu di Universitas Monash, mengingatkan apoteker untuk waspada tentang dampak mata kering perawatan mungkin dalam kombinasi dengan obat lain.

eyecare-menggunakan-tetes mata”Apoteker dapat membantu orang dengan yang baru didiagnosis kondisi mata yang telah ditentukan sesuai tetes mata dengan memastikan bahwa tetes yang akan mereka gunakan kompatibel dengan kondisi medis lainnya (misalnya beta-blocker tetes dan asma) dan obat lain yang mereka mungkin mengambil,” kata Prof Roller.

“Hal ini sering diasumsikan oleh masyarakat dan beberapa profesional kesehatan, karena obat tetes mata yang ‘luar tubuh’ bahwa mereka tidak diserap secara sistematis … beberapa obat dapat masuk ke dalam sirkulasi dan menyebabkan tidak diinginkan efek farmakologis,” katanya.

Perawatan tambahan dapat disarankan tergantung pada penyebab pasien sindrom mata kering, misalnya suplementasi (Omega-3) untuk mengobati kekurangan gizi.

“Setiap pasien dengan lama mata kering atau gagal dalam mencapai pertolongan dengan OBAT tetes mata harus dirujuk ke lokal mereka dokter mata untuk mata yang kering pemeriksaan,” kata Arundel.

Dokter mata dapat mengejar perawatan lebih lanjut termasuk tutup langkah-langkah kebersihan, pemanasan kelenjar meibom diikuti oleh di kantor-ekspresi, tepat waktu (sistem drainase lakrimal) oklusi, IPL (Intense Pulsed Light), atau Lipiflow (khusus perangkat mata dimasukkan untuk duduk di sekitar tutup, untuk panas dan lembut susu pada kelenjar meibom).

Dalam kasus yang lebih maju dari mata kering, pulse dosis steroid atau produk-produk seperti siklosporin mungkin diresepkan oleh dokter mata.
Umum kesehatan mata

Mata kering adalah salah satu mata umum kondisi.

Ada banyak mata lain yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi oleh apoteker, seperti: alergi, styes, konjungtivitis, mata merah, glaukoma, infeksi mata, degenerasi makula, benda asing, flash luka bakar, kontak lense masalah, blepharitis, katarak, ulkus kornea, uritis, ptosis, dan perdarahan subconjunctival.

“Mata kita adalah berharga, dan kami hanya mendapatkan satu perubahan dengan mereka, sehingga sangat penting bahwa pasien terlihat setelah mata mereka dengan benar,” kata Dr.Lau.

eyecare-saja”mata Umum saran perawatan untuk pasien termasuk memiliki kunjungan rutin ke dokter mata untuk mata secara teratur tes; perlindungan UV; latihan mata; dan beristirahat mata mereka. Memelihara umum gaya hidup sehat, diet, dan berhenti merokok juga dapat membantu untuk mencegah kondisi lain yang dapat berkontribusi untuk masalah mata,” katanya.

“Apoteker juga memainkan peran penting dalam merujuk pasien ke dokter mata atau GP di waktu yang tepat ketika mereka hadir dengan gejala mata yang memprihatinkan.

“[Dan] sebagai obat ahli, apoteker perlu waspada dalam memperhatikan setiap obat-induced perubahan okular,” kata Dr.Lau.

Penderita juga harus disarankan untuk melindungi mata mereka ketika terkena sinar matahari, berenang, atau bekerja dengan mesin-mesin dan bahan kimia, menambah/Prof Roller.

Leave a Reply

© 2016 Richie Good Times. All rights reserved.